01 Januari 2007

Poster: Kiat-kiat Menghadapi Calo [2]

1/01/2007 by MEKARWANGI ·
Label: , ,
Kiat-kiat Menghadapi Calo
...
Jika melakukan pembayaran, usahakan untuk mendapat kuitansi atas nama PT (di atas kertas berkop, ada nama, alamat, logo dan stempel perusahaan). Kuitansi ini bisa menjadi barang bukti untuk menuntut ganti-rugi jika sewaktu-waktu terjadi masalah.
...
Jika tidak mendapat kuitansi atas nama PT, pastikan Anda membuat Surat Bukti Pembayaran menggunakan kertas segel bermeterai dan disebutkan secara jelas hak dan kewajiban masing-masing. Selanjutnya, masing-masing pihak harus memegang surat segel bermeterai yang asli (bukan fotokopi).
...
Contoh Surat Bukti Pembayaran:
...
Saya Susilowati membayarkan uang sejumlah Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) kepada Arjuna Wiwaha untuk biaya pemberangkatan menjadi TKI ke Taiwan, dalam tempo 12 (dua belas) bulan. Jika setelah lewat 12 bulan (dua belas) bulan tersebut, Susilowati belum diberangkatkan, uang harus dikembalikan sepenuhnya, paling lambat 1 (satu) bulan, sejak jatuh tempo. Jika dalam waktu 1 (satu) bulan tidak terpenuhi, Susilowati berhak untuk mengambil, menjual, menggadaikan harta milik Arjuna Wiwaha sejumlah uang yang telah dibayarkan, serta melaporkan kasus ini kepada pihak yang berwenang untuk diproses secara hukum.
...
Demikian perjanjian ini dibuat dengan sadar dan tanpa paksaan.
Tandatangan .................................................. Tandatangan
Susilowati ........................................................ Arjuna
...
...
Diproduksi oleh: Mekarwangi
Didukung oleh: UNIFEM dan Pemerintah Jepang
Tahun Produksi: 2006
...

0 komentar:

ANGGOTA MEKARWANGI:
MEKARWANGI MEMBERS:









Kesan & Pesan


ShoutMix chat widget