28 November 2007

Program

11/28/2007 by MEKARWANGI ·
Untuk mencapai visi, jaringan melakukan 4 kegiatan utama sebagai berikut:

Pengorganisasian masyarakat
Pengorganisasian masyarakat menjadi program utama bagi jaringan sebagai dasar kegiatan-kegiatan yang lain. Tanpa pengorganisasian yang kuat di basis komunitas mustahil akan efektif kegiatan yang lain. Pengorganisasian menjadi alat sekaligus wadah untuk pemberdayaan masyarakat pedesaan agar mampu bermitra secara sejajar dengan komponen masyarakat lain dan pihak-pihak terkait yang ada di sekitarnya.

Penyebaran Informasi
Divisi ini bertanggung jawab untuk membangun dan mengembangkan sistem informasi jaringan yang dapat diterapkan bagi komunitas. Divisi ini juga bertanggung jawab untuk pengembangan radio komunitas sebagai media sosialisasi Paguyuban yang cukup efektif untuk memenuhi kebutuhan informasi tentang buruh migran bagi masyarakat luas. Keberadaan radio komunitas juga diharapkan sebagai penyeimbang informasi yang bersumber dari pihak yang tidak bertanggung jawab baik secara individu maupun korporat. Selain itu deseminasi program bisa disuarakan oleh divisi ini dengan beragam media yang dimilikinya.

Advokasi
Buruh migran tidak semuanya memperoleh kesuksesan. Bahkan sebagian buruh migran Indonesia mengalami nasib yang tragis. Kasus-kasus yang dihadapi oleh buruh migran tidak kunjung berhenti bahkan menunjukan peningkatan. Ini tugas utama yang ada di pundak program advokasi. Penanganan kasus buruh migran secara non litigasi atau paralegal menjadi efektif dan efesien dengan dukungan dari mitra jaringan seperti instansi pemerintah terkait mulai dari daerah hingga pusat, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Buruh Migran dan Lembaga Swadaya Buruh Migran serta masyarakat secara umum di pedesaan.

Pengembangan Usaha Komunitas
Salah satu kegagalan buruh paska bekerja adalah tidak mampu mengelola keuangan. Hasil bekerja lebih banyak digunakan untuk kebutuhan konsumtif. Akibatnya buruh migran kembali lagi ke luar negeri karena di rumahnya sudah tidak memiliki apa-apa. Padahal jika hasil bekerja digunakan untuk usaha produktif maka ketergantungan bekerja di luar negeri dapat diminimalisir. Bahkan tidak menutup kemungkinan dari kegiatan produktif akan memberi peluang kerja bagi orang lain.

0 komentar:

ANGGOTA MEKARWANGI:
MEKARWANGI MEMBERS:









Kesan & Pesan


ShoutMix chat widget