28 Juni 2006

Profil

6/28/2006 by MEKARWANGI ·
Mekarwangi merupakan jaringan yang terdiri dari paguyuban-paguyuban. Paguyuban ini sendiri unsur keanggotaannya berasal dari mantan buruh migran dan keluarganya, orang-peorangan yang memiliki kepedulian terhadap masalah buruh migran berdasarkan kapasitasnya, serta unsur pemerintah setempat.

Pada awal pendirian di tahun 2006, jaringan beranggotakan 6 Paguyuban dan terus berkembang hingga kini sudah tercatat 10 Paguyuban yang menjadi anggota yang tersebar di berbagai daerah yaitu Kab. Malang, Kab. Blitar, Kab. Cilacap. Kab. Brebes, Kab. Kuningan dan Kab. Cirebon. Jumlah anggota akan terus dikembangkan dan diperluas ke daerah-daerah lain di Indonesia yang menjadi kantong buruh migran.

Mekarwangi sebagai organisasi yang independen akan konsisten untuk memperjuangankan kesejahteraan buruh migran dan anggota keluarganya dengan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan yang universal. Pada prinsipnya perjuangan yang terus digelorakan adalah perjuangan bersama dengan komunitas bukan semata-mata perjuangan oleh organisasi itu sendiri. Perjuangan yang akan dikembangkan adalah perjuangan multi aktor dimana jaringan bersama mitranya secara bersama-sama berperan aktif untuk mencapai tujuan bersama.

Kemandirian organisasi menjadi cita-cita luhur bagi jaringan. Untuk mewujudkan hal itu jaringan secara sinergis melakukan berbagai program kegiatan yang bertumpu pada sumber daya komunitas. Namun demikian jaringan akan tetap membuka diri untuk menjalin kemitraan dengan berbagai pihak yang berkepentingan seperti lembaga-lembaga pemerintah dan lembaga non-pemerintah baik lokal, nasional, regional maupun internasional. Dengan demikian masyarakat madani yang egaliter dapat terwujud.

0 komentar:

ANGGOTA MEKARWANGI:
MEKARWANGI MEMBERS:









Kesan & Pesan


ShoutMix chat widget